_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Perlu Sinergitas Penyediaan Air Minum
Antara

Perlu Sinergitas Penyediaan Air Minum

JAKARTA, WOL – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Arie Setiadi Moerwanto mengharapkan, dalam penyediaan air minum dan prasarana sarana sanitasi (Water Sanitationand Cities) dapat terciptanya sinergi antara Pemerintah Pusat dan Daerah termasuk antara Pemerintah dengan Non-Pemerintah seperti lembaga donor, swasta, dan juga masyarakat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, penyediaan air minum dan prasarana sarana sanitasi.

Menurutnya, dalam penyediaan air minum dan prasarana sarana sanitasi merupakan urusan yang dibagi bersama antar tingkatan dan/atau susunan pemerintahan dengan memiliki tujuan yang sama sehingga terjadi keterpaduan untuk mengoptimalkan dampak positif sinergi pembangunan air minum, sanitasi, dan pemukiman perkotaan.

Sementara itu Direktur Pengembangan Air Minum Dirjen Cipta Karya Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) M. Natsir mengatakan,  pemenuhan kebutuhan masyarakat perkotaan akan air minum dan sanitasi menghadapi berbagai tantangan termasuk bencana alam.

Hal lain yang menarik dalam pelayanan air minum dan sanitasi yaitu bukannya bagaimana memilih atau memprioritaskan di perkotaan atau pedesaan  akan tetapi bagaimana dapat memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat.(wol/data1)

Check Also

Jazuli: PKS Lebih Terhormat di Luar Pemerintahan

JAKARTA, Waspada.co.id – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku tidak tergoda masuk pemerintahan. Meskipun, jika nantinya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.