_
Home / Medan / 6 Daerah di Sumut Belum Transfer Anggaran Pilkada
WOL Photo

6 Daerah di Sumut Belum Transfer Anggaran Pilkada

MEDAN, WOL – Ada enam kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada), namun tak kunjung mentransfer dananya ke rekening Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat.

Keenam kabupaten//kota tersebut yakni Samosir, Humbang Hasundutan (Humbahas), Karo, Nias Selatan (Nisel) dan Gunung Sitoli. “Barusan setelah dicek, sampai tadi siang, ada sekitar enam kabupaten/kota yang belum mentransfer. Kita sudah tanya, tapi tidak secara rigit. Ya, macam-macam alasannya. Kalau yang lainnya sudah, tapi variatif, misalnya secara bertahap,” ungkap Komisioner KPU Sumatera Utara (Sumut), Nazir Manik, kepada wartawan, Selasa (26/5).

Kendati begitu, KPU Sumut tetap mewanti-wanti agar keenam kabupaten/kota tersebut segera mentransferkan dana Pilkada itu. Karena pada awal Juni nanti sudah masuk tahapan pemutakhiran data yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Kita berharap segera ditransfer. Kalau tidak, akan mengganggu tahapan PPK dan PPS, sudah dilantik. Akan ada pemutakhiran data pemilih awal Juni ini. PPK dan PPS ini kan adhoc,” imbuhnya.

Nazir menyarankan, sebaiknya keenam pemerintah daerah (pemda) terkait melakukan evaluasi secara objektif tentang hal itu.

“Satu tahapan rawan sudah kita lalui, 13 Mei lalu semuanya (23 kabupaten/kota) sudah menandatangani nota kesepahaman atau Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Jadi enam kabupaten/kota ini untuk melakukan penilaian objektif, apakah efektif kalau anggaran tidak ada. Persoalan di kabupaten/kota berbeda, cuma punya dana rutin dari APBN, tapi itu seberapalah. Karena anggaran rutin itu hanya untuk sewa kantor, bayar rekening listrik dan sebagainya. Tidak cukup untuk Pilkada, karena anggaran Pilkada ini kan besar biayanya. Tapi mereka (kabupaten/kota) optimis, komunikasinya lancar. Kalau mereka menilai ada masalah, harus segera melapor ke kita (KPU Sumut) supaya kita bisa memberikan supervisi,” bebernya.

Nazir tetap optimis keenam kabupaten/kota tersebut akan melaksanakan Pilkada serentak di Desember mendatang. “Tidak sampai ditunda lah. Makanya kita berharap, agar anggaran itu segera ditransferkan ke KPU masing-masing supaya tahapan tidak terkendala,” katanya. (wol/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Poldasu Periksa 21 Anggota DPRD Nisel

MEDAN, Waspada.co.id – Sedikitnya 21 anggota DPRD Nias Selatan (Nisel) diperiksa Polda Sumut terkait dugaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.