Izin BBM Pertalite Pertamina Belum Kelar

WOL Photo

JAKARTA, WOL – PT Pertamina akan mengeluarkan satu varian baru bahan bakar minyak (BBM), yaitu Pertalite.

Perusahaan pelat merah ini menunggu izin dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk bisa meluncurkan varian ini.

“Tunggu hasil dari Dirjen Migas (Plt. Dirjen Migas, I. G. N. Wiratmadja). Kami tidak bisa melakukan penjualan kalau tidak mendapatkan izin dari dirjen Migas,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, hari ini di Jakarta.

Wianda mengatakan, Pertamina telah melakukan uji laboratorium untuk varian BBM ini. Kemudian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini pun meneruskannya ke Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM untuk uji spesifikasi.

“Sudah ada hasil konsisten. Dari Lembaga Minyak dan Gas (Lemigas), kami lanjut ke dirjen Migas untuk launching. Sekarang kami terus follow up (izinnya). Sebelum launching ke pasar, kami meminta izin dirjen Migas untuk spesifikasi bahan bakar yang diakui Indonesia,” kata dia.

Lantas, bagaimana dengan harga Pertalite? Wianda tak menjelaskan secara detail. Pertamina tengah menghitung harga BBM yang disebut-sebut sebagai BBM berkadar RON 90 itu.

“Harganya di atas RON 88 dan lebih ekonomis daripada RON 92. Ini lagi diformulasikan,” kata dia.

Wianda pun tak memastikan peluncurannya akan dilakukan pada bulan depan. Seperti yang diketahui, Pertamina berencana untuk mengeluarkan produk ini pada Mei.

“Kami menunggu hasil dirjen Migas. Sebagai badan usaha, kami tidak bisa mendistribusikan bahan bakar sebelum menunggu uji spesifikasi dari dirjen Migas,” kata dia. (viva/data2)