_
Home / Aceh / Gubernur: Belum Semua Masyarakat Paham BPJS

Gubernur: Belum Semua Masyarakat Paham BPJS

BANDA ACEH, WOL – Walaupun kebijakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) telah berlaku sejak tahun lalu, namun sosialisasi harus terus dilakukan sebab tidak semua masyarakat paham mengenai BPJS ini.

Hal itu disampaikan Gubernur Aceh, yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Hubungan Luar Negeri,Mustafa, dalam pembukaan Seminar Nasional yang mengupas tentang BPJS, di gedung ACC Sultan Selim, Banda Aceh, Selasa (28/4).

“Langkah sosialisasi harus terus dilakukan kepada masyarakat agar semua tahu apa dan bagaimana yang dimaksud dengan BPJS,” ujarnya. Menurut Gubenur, sosialisasi seperti ini dapat memberi informasi yang jelas terkait implementasi BPJS sebagai bagian dari jaminan sosial bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Gubernur Zaini kembali menjelaskan, pemberian jaminan sosial merupakan kewajiban yang mesti dijalankan Pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ini ditegaskan dalam  Undang-Undang Nomor  40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Dengan lahirnya undang-undang ini, sebut Gubernur, lembaga pemerintah yang selama ini menangani jaminan kesehatan masyarakat, seperti PT Askes  (Persero) bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan. Sedangkan lembaga Pemerintah yang memberi jaminan sosial untuk tenaga kerja, seperti PT Jamsostek, berganti nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Seminar Nasional yang mengupas tentang BPJS ini diprakarsai oleh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh. Hadir dalam kesempatan ini Rektor dan civitas akademika Unmuha, pejabat di jajaran BPJS Kesehatan –Aceh dan diikuti sejumlah peserta seminar.

Di hadapan mahasiswa, Gubernur juga meminta civitas akademika Unmuha bisa tampil sebagai motor untuk mempromosikan BPJS kepada masyarakat, sehingga langkah dan upaya untuk menjelaskan batang tubuh BPJS akan lebih mudah terlaksana. (wol/data2)

Penulis : HENDRO KOTO
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Banda Aceh Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

BANDUNG, Waspada.co.id – Kota Banda Aceh kembali menorehkan prestasi di level nasional, kali ini, bertepatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.