_
Home / Aceh / 34 Ribu RTS Aceh Belum Terima Dana PSKS

34 Ribu RTS Aceh Belum Terima Dana PSKS

MEULABOH, WOL – Sejumlah 34.007 Rumah Tangga Sasaran (RTS) belum dapat penyaluran dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS)  karena belum diusulkan dalam empat Kabupaten wilayah kerja kantor Pos Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Kepala PT Pos Meulaboh Pepi Indra Budi di Meulaboh, mengatakan bahwa dari empat kabupaten barat selatan Aceh (barsela) itu terdapat 42.424 RTS dengan besaran dana disediakan sekitar Rp25,4 miliar.

“Sampai 22 April baru sekitar 8.354 RTS di Kabupaten Nagan Raya yang sudah menerima dana PSKS melalui kantor kecamatan setempat, sementara Aceh Jaya menyusul 28-29, kalau untuk dua kabupaten lain belum ada kabar kapan diajukan,”katanya, Kamis (23/4).

Empat kabupaten barat selatan Aceh yang menerima pencairan dana PSKS tahap ke II untuk jatah tiga bulan senilai Rp600.000/RTS yakni Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Simeulue dan Aceh Jaya.

Pepi merincikan, untuk Kabupaten Nagan Raya terdapat 14.245 RTS dengan total dana Rp8.547.000.000, kemudian Aceh Jaya 5.905 RTS dengan dana senilai Rp2.689.200, kemudian Simeulue 6.911 RTS dengan besaran dana Rp4.146.600.000 dan Kabupaten Aceh Barat 15.363 RTS dengan dana senilai Rp9.217.800.000.

Katanya, Kabupaten Aceh Barat dan Simeulue belum memberikan kepastian jadwal untuk pencairan, meskipun tidak ada batas waktu untuk masa pencairan namun ada baiknya pemda segera mengajukan bantuan untuk rakyat miskin tersebut agar dapat
dinikmati.

“Ini merupakan pencairan tahap kedua, pada pencairan tahap pertama sudah selesai dan lancar. Pada prinsipnya kantor Pos Meulaboh hanya sebagai agen penyalur sesuai data dari Kemantrian Sosial, kita tidak mengacu pada data pemda atas dasar apapun itu,”katanya.

Lebih lanjut dikatakan, bantuan tersebut disalurkan langsung melalui rekening giro online, apabila ada masyarakat yang memang belum mengambil jatahnya maka dana tersebut aman karena dikelola langsung oleh pemerintah.

Menyinggung penyaluran dana PSKS pada tahap pertama kata Pepi, masih ada 1.087 RTS yang belum mengambilnya, rata-rata per kabupaten antara 2-3 persen masyarakat belum mengambil untuk perhitungan lima bulan atau senilai Rp1 juta/RTS dengan berbagai kendala berdasarkan laporan diterima.

Data disebutkan di Kabupaten Aceh Barat ada 433 RTS atau sekitar tiga persen, kemudian Aceh Jaya 129 RTS atau sekitar tiga persen, Nagan Raya 335 RTS setara dua persen dan Simeulue 190 RTS atau sekitar tiga persen juga belum mengambilnya.

“Kendala tidak diambil ini seperti ada karena sudah meningal dunia dan pindah
tempat tingal, namun uang tersebut masih aman dan bisa dicairkan, dana itu juga bisa dicek pada rekening masing-masing,”katanya menambahkan. (ant/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

3 Kali Dapat WTP, Kemendagri Tak Menyangka Gubernur Aceh Diciduk KPK

  JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak menyangka Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.