_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Eksekusi mati harus segera dilaksanakan
Ilustrasi

Eksekusi mati harus segera dilaksanakan

JAKARTA, WOL – Pakar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menilai eksekusi mati terhadap terpidana mati harus segera dilaksanakan.

“Hal yang mendasar, hakim ketika memberikan putusan harus yakin, dan hukuman harus tepat. dan menurut saya harus langsung dilaksanakan eksekusi”, kata Hikmahanto, malam tadi.

Guru Besar Fakultas Hukum UI ini setuju dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut eksekusi mati adalah kedaulatan hukum Indonesia dan tidak boleh ada campur tangan pihak lain, dalam kasus ini campur tangan pemerintah Australia pada terpidana mati kasus Bali Nine.

“Ini masalah kedaulatan hukum kita, dan tidak boleh ada yang mengintervensi. Saya yakin semua negara paham mengenai hal ini”, ucap Hikmahanto.

Menurutnya, penundaan eksekusi ini terjadi akibat beberapa terpidana ajukan grasi dan beberapa menunggu putusan PK. Dari pengamatannya, seharusnya eksekusi tidak perlu dilakukan secara bersamaan.

“Daripada dilakukan bersama-sama akan membuat citra indonesia sebagai pembunuh masal. lebih baik dilakukan masing-masing karena akan semakin tertunda bila menunggu beberapa terpidana yang ajukan Grasi dan menunggu hasil PK”, ujarnya.(metrotv/data1)

Check Also

118 Ribu PNS Akan Pindah ke Ibu Kota Baru

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyebut aparatur ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.